RA Kosasih, Rawat Jalan karena Tak Ada Biaya

Friday, January 09, 2009

JAKARTA, KOMPAS - Salah seorang tokoh komik terkemuka Indonesia, RA Kosasih (90), kini berjuang keras untuk sembuh dari penyakit yang dideritanya. Sempat dibawa ke Rumah Sakit Internasional Bintaro, tetapi kemudian pihak keluarga membawanya pulang untuk rawat jalan karena ketiadaan biaya.

”Pihak keluarga hanya mampu merawat di rumah. Biaya untuk rawat inap di rumah sakit tidak ada,” kata Adi Nandra, cucu RA Kosasih, yang kini merawatnya, Rabu (7/1) di Jakarta.


Menurut Adi, dalam kondisi sakit sekarang, kakeknya, RA Kosasih, hanya bicara seadanya. Beliau tidak bisa bicara lama dan menurut nasihat dokter harus dibatasi.
”Jumat (9/1) harus dibawa kembali ke rumah sakit untuk mengecek perkembangan, apakah sudah berangsur sembuh atau sebaliknya,” ujar Adi.

Salah seorang sahabat RA Kosasih, Dwi Koendoro, mengatakan, RA Kosasih adalah komikus yang memperkenalkan wayang ke seluruh Nusantara melalui karya-karya komiknya.


”Ia merupakan komikus yang pertama kali menerbitkan komik dalam bentuk buku di Indonesia. Karya-karyanya pada era tahun 1960-an sampai 1970-an sangat dikenal luas,” katanya. RA Kosasih semasa mudanya dikenal sebagai ilustrator di Departemen Pertanian.

Menjadi juru gambar buku- buku terbitan Departemen Pertanian di Bogor yang ia mulai tahun 1939. Setelah kemerdekaan, Kosasih serius menekuni komik. Ketika bergabung dengan harian Pedoman Bandung tahun 1953, dua serialnya, Sri Asih dan Siti Gahara, mendapat sambutan publik pada saat itu.

Keduanya mengisahkan kehebatan dua wanita dalam menumpas kejahatan.
Data di Kompas menyebutkan, setelah komik serial Sri Asih dan Siti Gahara, mengalir karya-karya berikutnya seperti Sri Dewi, sang wanita perkasa yang kemudian disusul komik-komik lainnya, sampai akhirnya ia memilih lakon wayang sebagai tema sentralnya.

Karya komik lainnya, Mahabharata dan Ramayana, yang diilhami buku Bhagavadgita, mendapat sambutan luas dan mengalami cetak ulang puluhan kali. (NAL|sumber :
KOMPAS|foto : apatcartoon)