Lagi, Kartun Nabi Muhammad Muncul di Koran Swedia

Wednesday, March 10, 2010

Surat kabar terkemuka di Swedia kembali menerbitkan kartun Nabi Muhammad. Si pembuat kartun, sebelumnya telah mendapat ancaman bakal dibunuh gara-gara karyanya. Dagens Nyheter mengatakan, pihaknya kembali menerbitkan kartun ini sebagai solidaritas pada Lars Vilks. "Lars Vilks tidak sendirian dalam konflik ini. Ancaman terhadap dia adalah, pada akhirnya, sebuah ancaman terhadap semua warga Swedia," tulis Dagens Nyheter dalam editorialnya.

Polisi Irlandia telah menangkap tujuh orang Muslim yang dicurigai berkomplot untuk membunuh Vilks karena kartun ini. Keempat laki-laki dan tiga wanita ditangkap di kota-kota Cork dan Waterford dalam sebuah operasi yang sudah terkoordinasi dengan Amerika Serikat dan badan-badan keamanan Eropa. Dagens Nyheter menyerukan pada negara Swedia untuk memberikan perlindungan menyeluruh pada Vilks. (sumber : Straits Times)

Catatan Kartunesia : Kebebasan berekspresi memang wajib dijaga. Tapi, menjaga harmoni dengan menghormati keyakinan paling mendasar, yaitu religi, rasanya tak bisa disingkirkan demi segelintir karya manusia.

2 komentar:

fadli said...

orang swedia sebenarnya beragama apa seh.....?
kenapa gak qta balas lagi aj dengan hal serupa.....
kalo mereka marah, kita gunakan lagi alasan mereka menerbitkan kartun nabi untuk kartun yang qta buat untuk mereka....

Kartunesia said...

Sabar... Membalas api dengan api terbukti tak pernah mampu menyelsaikan persoalan. Anggap saja ini ujian kedewasaan. Santai aja. Dipake main basket atau ngapain gitu...