BICARA GANES TH, BICARA SANG LEGENDA

Monday, August 13, 2007

Seno Gumira Ajidarma (Wartawan Senior) dan JJ Rizal (Peneliti Sejarah Kebudayaan Betawi) akan bicara tentang Ganes TH dalam Peta Komik Indonesia, Kamis, 16 Agustus 2007, jam 14.00 - 16.00 WIB mendatang. Rencananya, forum yang melibatkan Surjorimba Suroto dari KomikIndonesia.com ini bakal digelar di Bentara Budaya Jakarta, Jl. Palmerah Selatan 17 Jakarta Barat.

Menyebut nama Ganes TH, kita mestinya langsung mengenang tokoh Si Buta Dari Gua Hantu, tokoh jagoan yang selain mengembara di jagad komik, juga sudah menembus dimensi layar lebar dan sinetron.

Ia lahir di Banten pada tahun 1935. Sejak belia, sudah tertarik corat-coret bikin ilustrasi dan komik. Tahun 1953, Ganes malah sudah unjuk karya di beberapa pameran di Jakarta dan Bandung. Puncaknya, memasuki usia 33 tahun, tokoh racikannya, Si Buta dari Gua Hantu muncul kali pertama di belantara komik Indonesia. Dalam hitungan beberapa bulan saja, komik ini langsung booming dan dicari peminat komik. Bahkan pada tahun 1971, Si Buta mulai melenggang di dunia sinema. Tak hanya si Buta, tak lama berselang, komik-komiknya yang lain juga menyusul ke film. Seperti Tuan Tanah Kedawung, Misteri di Borobudur, Tjisadane, dan Beranak dalam Kubur.

Arswendo Atmowiloto dalam pengantarnya di buku Si Buta Dari Gua Hantu, Pustaka Satria Sejati, remaster Januari 2005 menulis, Ganes TH adalah sedikit dari komikus yang mampu membuat goresan sugestif dalam rangkuman cerita yang menawan. Kedua kemampuan ini melengkapi keunggulannya untuk berada dalam pencapaian komik nasional.

Salah satu tuntutan karya seni yang menjadi klasik dan sekaligus merakyat adalah karya seni tersebut dinikmati banyak orang, dan terjadi beberapa kali - melewati era ketika pertama kali di terbitkan, dijadikan film, dijadikan sinetron atau melalui media apapun. Info lengkap, mampir saja di http://kondefest.org.

4 komentar:

Jonjenin said...

yok..menarik sekali..
ada kesempatan lawatlah blog http://akujohan.blogspot.com/

ujang said...

Assalamualaikum...untuk pengetahuan semasa zaman kanak-kanak ,saya juga salah seorang peminat komik SI BUTA DARI GUA HANTU- kalau tidak sialp saya cerita itu pernah di filem kan dan saya menontonnya di pawagam di malaysia.Jika ada kelapangan sila singgah di blog saya--->http://www.jibam.cesb.net.my

amethys said...

sekarang pak Ganes TH nya kemana? masih ada ga?

Musikbuku Shop said...

waktu kecil punya banyak judul si buta...beli langsung ke pasar inpres senen..